Untuk pemilihan multimedia, satu hal yang perlu diingat bahwa multimedia, pembelajar hanya dapat menggunakan media secara interaktif. Oleh karena itu, beberapa aspek berikut ini perlu dipertimbangkan (Duffy, dkk, 2003)
Kesesuaian dengan kurikulum. Semua komponen dri media yang dipilih, relevan dan menunjang konsep-konsep kunnci kurikulum dan pencapaian tujuan secara signifikan.
Interaksi pebelajar. Multimedia yang dipilih, memberi kesempatan yang luas kepada para pebelajar untuk interaksi dan memberi motivasi yang signifikan.
Mendukung materi pembelajaran. Media yang dipilih menambahkan kualitas materi pembelajaran secara luas, mudah digunakan, dan merupakan kunci untuk pencapaian tujuan pembelajaran.
Mudah dimanfaatkan. Semua produk multimedia yang digunakan mudah pemanfaatannya dan memberikan kejelasan kepada pebelajar tentang materi yang dipelajari.
Kualitas teknis. Cara kerja media tidak mengandung konflik, atau masalah-masalah teknis, dan mudah dipasang dan diperbaiki.
Penggunaan multimedia.
Kesesuaian dengan kurikulum. Semua komponen dri media yang dipilih, relevan dan menunjang konsep-konsep kunnci kurikulum dan pencapaian tujuan secara signifikan.
Interaksi pebelajar. Multimedia yang dipilih, memberi kesempatan yang luas kepada para pebelajar untuk interaksi dan memberi motivasi yang signifikan.
Mendukung materi pembelajaran. Media yang dipilih menambahkan kualitas materi pembelajaran secara luas, mudah digunakan, dan merupakan kunci untuk pencapaian tujuan pembelajaran.
Mudah dimanfaatkan. Semua produk multimedia yang digunakan mudah pemanfaatannya dan memberikan kejelasan kepada pebelajar tentang materi yang dipelajari.
Kualitas teknis. Cara kerja media tidak mengandung konflik, atau masalah-masalah teknis, dan mudah dipasang dan diperbaiki.
Penggunaan multimedia.
- Kapan multimedia digunakan?
0 komentar:
Posting Komentar