10 Oktober 2011

ayo ubah hidupmu dengan Al-Qur'an

di 22.34

Bismillahirrahmanirrahim..
               Cerita ini saya dapat ketika mengikuti majelis bersama Ust. Yusuf Mansur di masjid Mujahidin UNY.  Begini ceritanya,,
Suatu ketika dalam sebuah perjalanan mobil yang digunakan Ust. Yusuf Mansur bocor, kemudian mampirlah ke sebuah bengkel tambal ban kecil. Ternyata yang menjadi montir adalah seorang lelaki yang masih muda (usia anak kuliahan) lalu terjadi percakapan antara montir dan Ust. Yusuf Mansur. Kurang lebih begini:
Ustad           : Wahai anak, sudah lama menjadi penambal ban? Apa tidak kuliah?
Pemuda        : Ustad, saya ini dulu pernah kuliah, lulus 6 tahun yang lalu, kemudian saya bekerja sebagai penambal ban ini sudah 2 tahun ustad tapi kenapa nasib saya ini tidak juga berubah? (*menghindari resiko salah ingat tahun maka tak dicantumkan,, tapi sekitar tahun 2000/ masa krismon)
Ustad       : Sambil bergumam,”ada yang salah ni dengan anak ini, sampai rizkinya dikunci Allah” (dalam hati ni ye..)
Pemuda          : Apa saran ustad untuk merubah hidup saya ini?
Ustad       : Nak, coba kamu praktekkan bila masuk adzan sholat 5 waktu maka tinggalkan semua pekerjaanmu dan bergegas ke masjid. Rutinkan 5 waktu di masjid, lalu pada pagi dan sore kamu baca surah Ar Rahman dan Al-Waqiah 3x saja kalau kamu keberatan. Lalu perbanyak tadarus dan dekatkan dirimu dengan masjid.
Pemuda          : Insyaallah ustad, terima kasih dan akan saya laksanakan.
         Kemudian ustad berpamitan dan melanjutkan perjalanan, singkat cerita. Selang setahun dari pertemuan dengan pemuda tersebut, ada sebuah surat mampir ke rumah Ust. Yusuf Mansur. ‘Di mohon untuk menghadiri pembukaan swalayan X di daerah X’. begitulah perihal surat tersebut, lalu pada hari yang dimaksud bertemulah ustad dengan pemuda yang setahun lalu ia temui. Ternyata kini pemuda tersebut telah mempunyai sebuah swalayan.
Subhanallah, la hawlawala quwwata illa billah.
Ustad           : Subhanallah bagaimana bisa kamu berubah secepat ini nak?
Pemuda       : Iya ustad, saya coba mengamalkan apa yang ustad sampaikan setahun yang lalu, saya membaca Ar Rahman dan Al-Waqiah bukan hanya 3x tapi berkali-kali ustad, dan Alhamdulillah keadaan saya berbalik 360 derajat. Ada seseorang yang meminjamkan saya uang lalu saya buat swalayan, kini Alhamdulillah keuntungan saya sudah 1 M lebih dan berencana menambah usaha lagi.
(kesimpulan jangan hanya berhenti sampai pada harta/ apa yang ia dapatkan,, tapi perkiraan saya pasti banyak hal yang dia amalkan bukan sekedar sholat dan mengaji)
Note: amal yang kecil tapi konsisten lebih Allah cintai dari pada besar tapi jarang2.
Ustad juga berpesan, “jangan sampai kesibukan dunia menjadi alasan untuk tidak membaca qur’an, niatkan saja “ Ya Allah aku membaca Al-Qur’an dan tolong selesaikan duniaku, Ya Allah aku ingin jodoh, Ya Allah aku butuh biaya untuk kuliahku, Ya Allah aku butuh pekerjaan dan apa saja yang kita inginkan sampaikan kepada Allah”.  Karena kalau mengeluh pada manusia yang sama2 lemahnya percuma,, mending langsung saja sama yang punya dunia.
Singkat cerita……
 (begitu semangatnya,, sampai lupa banyak tugas kuliah. Energi besar pengen nulis dikit soale buku ni mo q kembalikan,, hehe resiko pinjeman .^-^!!!)))
Buku PANDUAN CEPAT MENGHAFAL AL-QUR’AN karya Ahmad Salim Badwilan adalah tips dan langkah A-Z buat siapa saja yang ingin menghafal Al-Qur’an. Loh, ngapain harus dihafal? Berat taw,, lembar aja ada 302 lmbar (yang pojokan)
(Owalah intinya ini tow,, hehe, iya yang tadi Cuma sharing cerita)
Hehe.. jalani dulu, ga usah di buat berat.. santai tapi terprogram, ajaib lho.. misal hari ini kita menghafal satu surat (hafal bener tapi.. ) tu tidak akan lupa sampai mati, atau ketika kita lama tidak membacanya (jangan sampai…) tetap lengket, paling tidak org lain membaca kita tahu bunyi ayat itu.. subhanallah..
Tau penyakit Al-Zhaimer (pikyun), tidak akan dialami oleh para huffadz (penghafal qur’an). Yang paling menyenangkan adalah org tua kita akan diberi mahkota di surge kelak, (aduuuh jadi makin tertarik ini).
Ayo menghafal…
 
9. Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya

45. dan apabila kamu membaca Al Quran niscaya Kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, suatu dinding yang tertutup,
Nasihat bagi para penghafal:
-      Bersikap rendah hati dihadapan Allah SWT dan memperbanyak doa. Sabda Nabi SAW, “ akan dikabulkan doa seorang hamba selama tidak berdoa tentang hal2 yang berdosa, tidak memutuskan silaturrahmi, dan tidak tergesa2. (HR. Muslim dari Abu Hurairah)
-      Jadikan Al-Qur’an wirid harian anda.
-      Rutinkan membaca dzikir pagi sore, saat menjelang tidur dan doa2 penjagaan ex: muawwidzatain,
  •       Hadiri majlis2 ulama terutama kajian Al-Qur’an, jika ada uzur prioritaskan sesuai pertimbangan.
  •      Hendaknya memiliki teman yang bisa membantu mengingat Allah S
  •       Bila sholat dibelakang imam dan kebetulan hafal ayatnya, jadilah pendengar bukan pengkoreksi. (Dari Abu Hurairoh ra. Rasul SAW besabda,”Barang siapa yang mempelajari suatu ilmu untuk berbangga-banggaan dengan para ulama, dan mendebat orang-orang bodoh atau untuk memalingkan wajah banyak org kepadanya, maka Allah akan memasukkan orang itu kedalam neraka jahannam)
  •       Ketahuilah bahwa ilmu yang pertama adalah menghafal Al-Qur’an. Setiap ayat yang dihafal merupakan pintu menuju Allah.
  •           Jagalah wudhu dan berlaku ihsan.
  •      Terus-menerus beristighfar karena sebab lupa salah satunya adalah dosa.Ibnu Qoyyim dalam kitab Al-Fawa’id: dosa itu seperti luka yang terkadang membawa pada kematian. Tidaklah seseorang dicambuk lantaran dosa yang lebih besar dari kekerasan hati dan jauh dari Allah SWT. Hati yang paling menjauh dari Allah adalah hati yang keras. Apabila hati menjadi keras, maka mata menjadi kering. Keras hati karena 4 hal yang apabila melampaui kadarkebutuhan : makan, tidur, berbicara, dan bergaul.
  •    Berhati-hati terhadap tipu daya terhadap Al-Quran yang telah dihafal (jaga tawadhu dan niat untuk mencari ridha Allah)
  •   Ketahuilah saudaraku menghafal Al-Qur’an adalah bentuk kenikmatan bagi penghafalnya. Karenanya pujilah dan syukuri nikmat ini.

           Ya Allah jadikan Al-Qur’an ini cahaya dihati kami. Hujamkan kecintaan kedalam hati kami dan putra-putri kami untuk membaca, menghafal dan berpegang teguh kepadanya. Jadikan ia sebagai cahaya bagi jalan kehidupan mereka. Amin ya Rabbal Alamin

0 komentar:

Posting Komentar

 

Lima Belas Menit Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review