27 Juli 2013

Metode Turki (Ustad Ferhat Baz)

di 08.56
Reaksi: 
"Allahummarhamna bil Qur'an..........

Sepenggal cerita tentang wisuda ke-2 saya. Alhamdulillah, awalnya hanya iseng saja untuk ikut2 tes wisuda hafalan yang baru pertama di uin, setelah ikut tes pada tgl 7 April (tgl 6 wisuda S1 msh ngantuk2 jm 7 pagi dah dateng tes). agak ragu juga klo lolos sih tp alhamdulillah  

Malam Qur'anic Awards,, Wisuda Hafidz-Hafidzah se-UIN Sunan Kalijaga bersama Dr. Ferhat Baz dari Turki (penggagas metode menghafal al-Qur'an Turki-Utsmani)
Banyak ilmu yang saya dapat ketika gabung dengan teman2 yang suubhanallah keren. banyak prestasi dan ilmu agamany banyak (wlo tak semua aspek saya suka). tapi selalu ambil hikmah dari tiap perjumpaan

Malam itu acara diisi Al Hafidz Dr. Ferhat Baz dari Turki (penggagas metode menghafal al-Qur'an Turki-Utsmani). saya fikir "ah paling sama aja kaya metode yang lain" namun menarik untuk disimak penuturan beliau tentang metode ini.
konsepnya adalah "membalik" ini yang menarik dan beda menurut saya. 
kalau metode yang biasanya kita menghafal qur'an urut dari juz 1,2-30 #pondok TA menerapkan 28,29,30,1,2-27. 
Tetapi metode ini adalah kita menghafal lembaran akhir dari tiap juz. kalau qur'an pojok itu terdiri dari 20 hal/10 lembar maka putaran pertama (30 hari) kita telah hatam. Bangga bukan?
Jadi contoh juz 1 maka kita baca lembar ke 10, besoknya juz 2 lembar ke 10 sampai selesai juz 30.
lalu putaran kedua kita baca juz 1 lembar ke 9 terus sampai juz 30 dan begitu seterusnya.

nah, inilah keunggulannya. Aspek psikologi lebih diutamakan, dengan hatam 30 juz (lembar ke-20) maka akan timbul semangat anak untuk menghafal. lalu putaran berikutnya lembar ke 19, lalu 18 dan sampai ke lembar 1. tentu durasi akan semakin cepat, jika menghafal setiap hari yang awalnya butuh 30 hari untuk 1 putaran maka yang selanjutnya bisa lebih cepat dari itu.
asik bukan, bahkan bagi mereka yang sudah punya hafalan bisa murojaah dari juz 1 lembar 10 hingga juz 30 terus sampai lembar 1 dari tiap juz.


*pesan beliau agar mudah menghafal yaitu :
  • memberi target diri (jam menghafal dll)
  • membaca sambil mengulang2
  • luruskan niat dalam menghafal, ingat hadis nabi "anak yang hafal qur'an kelak di hari kiamat akan memakaikan mahkota untuk kedua orang tuanya" subhanallah
  • menhormati guru/ ustad, ta'zim dg beliau
  • hargai qur'an, jangan letakkan posisi di bawah pusar
Ketika ada yang bertanya, "Bagaimana membagi waktu antara kuliah dan menghafal? apa metode jitu dari anda untuk melancarkan"
Ustad menjawab " berikan waktu untuk qur'an, ingat kemulian penghafal qur'an niscaya kamu selalu akan punya waktu".
"Tidak ada 1 metode pun cara melancarkan dg cepat selain "MUROJA'AH" atau mengulang2 hafalan. karena menghafal itu mudah dan emngulang sangat sulit. "Saya hafal qur'an usia (sekitar) 6 tahun dan sampai sekarang minimal 1 hari 1 juz diulang" kata Ustad Ferhat



sesi foto bersama usai wisuda



Alhamdulillah semoga berkah dan manfaat 

                                                               Convention Hall UIN, Juni 2013 pk. 20.00


3 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Lima Belas Menit Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review