3 Oktober 2015

Edaran Kemenang 2015 mengenai PUPNS

di 00.44
Reaksi: 
          PNS lagi punya gawe, kali berhubungan dengan pendataan ulang pns atau dikenal luas sebagai PUPNS. Pendataan ini serentak dilakukan seluruh PNS di Indonesia yang konon berjumlah 4 juta lebih. Banyak keluhan mengenai pengisian PUPNS ini terutama mengenai webnya yang sulit diakses. Tentu ini normal karena sibuknya server https://epupns.bkn.go.id/ ini. Walaupun sudah cari jam "selo" tengah malam menjelang pagi beginipun tetap susah diakses. Ya iyalah, perbedaan waktu WIB WITA dan WIT yang selang sejam menjadikan semua orang pun berlomba-lomba menyelesaikan hal ini. Jujur saya 'eneg' lihat tumpukan berkas dikamar, sebagai anak baik saya harus membantu kedua orang tua saya terutama hal-hal berbau IT (Padahal zaman sekarang semua tugas mereka di sekolah bersinggungan dengan IT) Tearrr..
         Bingung sendiri, saat malam menjelang pagi begini server agak lumayan tapi kan orang tua yang ngerti isiannya pada istirahat. Pas mereka seger pulang kerja eh severnya ngadat bahkan login pun tak bisa. Belum lagi dirumitkan membaca dokumen-dokumen era 70an yang mirip kitab kuno, harus ekstra pelan buka satu persatu dan buka mata lebar-lebar untuk membaca tulisan yang hampir hilang itu. Fiuhh.. benar-benar deh ini pemerintah
           Dulu sudah pernah juga ngisiin PADAMU, entah mengapa website itu kini apa kabar. PUPNS inilah yang mengisi hari-hari saya yang merana dibikin mumet dan batuk-batuk, kesel nunggu loading sampai kadang tak sadar ikut muter-muter mengikuti alunan lingkaran merah.
Yang punya sih tiap harinya cuma bisa ngecek, "Gimana? PUPNSku udah kan?". Dengan memble, kusut masai dan setengah bangun dari kasur cuma bilang progres hari ini bla-bla... Alhamdulillah semaleman bisa login aja dah haru...
          Entah saya yang kudet ato internet yang lelet yah, ini lebih berat dari rebutan ngisi KRS buat milih dosen favorit zaman S1. Ah, Dear me!!!!. Tapi gak bisa begitu karena 'gawe' ini ada deadlinenya. Sebelum mengisi perlu disiapkan beberapa data berikut, kalo perlu print format pupns, isi manual biar enak karena kendala adalah di koneksi internet. 

Daftar kelengkapan pupns

Panduan pengisiannya bisa di donlot sini, saya gak lihat panduan malah nyasar gak ngisi riwayat keluarga dll. Sesuaikan dengan instansi. Bisa jadi tiap instansi punya aturan khusus yang tak bisa digeneralisr. Berikut edaran dari kementrian agama

surat edaran kemenag (copyright)

surat edaran kemenag (copyright)
Agak ngeri baca sanksinya yah, tapi yaudahlah orang bawah mah apa atuh. Harus sendiko dawuh walaupun sebenarnya rada jengkel juga, kan kasihan bapak ibu kita yang gak melek IT. Tapi ada hikmahnya juga sih, dengan ngisi begini jadi tahu puluhan tahun orang tua berusaha mencari nafkah dengan cara yang tak mudah. Jadi merasa kurang bakti dan punya azzam akan menjadi anak baik untuk anak-anak saya kelak, ciyeh kemana-mana.
Semoga ujian kesabaran ini menjadikan rezeki yang diterima para PNS termasuk Ibu Bapak saya dalam tiap cucur keringatnya mendapat keberkahan dan berkah pula untuk keluarganya.
Paling penting adalah sediakan camilan dan kopi hangat, modal buat lembur yang ternyata berujung lelet. 
Puwaling penting lagi adalah baca bismillah setiap tekan enter yah, biar tambah barokah lagi gaes...
Syelamat ber pupns ria.....

PS. ditulis sambil muter-muter ikut loading ---____---
                                                                              Tanjungan, 2 Oktober 2015. 0.40 WIB

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Lima Belas Menit Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review