24 Agustus 2018

Menyiapkan Pernikahan Sendiri Dalam Waktu Seminggu, What !!!!!!!

di 00.00

Setelah beberapa purnama akhirnya nulis lagi.. alhamdulillah
kali ini mau cerita tentang persiapan pernikahan diri sendiri. Alhamdulillah bini'matillah Allah izinkan hidup sampai usia segini dan bisa merasakan hidup berumah tangga. Awal perjuangan menikah tak perlu ditanya deh gimana. Saya juga merupakan orang yang punya angan-angan nikah muda (walau akhirnya nikah diperbatasan umur menurut sebagian orang)πŸ˜† tapi tak apa. Disyukuri aja setiap episode yang Allah kasih insyaAllah kalau selalu terima takdir Allah kita gak bakal terlalu stres menjalani hidup. Let's mulai cerita kok bisa nyiapkan seminggu? I said, Yes i can i proof it. Saya sudah menjalaninya 😍. Berawal dari tantangan orang tua yang 'hanya' memberi jeda waktu yang begitu singkat. Saya nikah 24 Desember 2017. Keputusan itu final di orang tua sekitar tanggal 30 November 2017 (kebayang gak gess...)😫 Tapi bismillah yuk kita rincikan apa saja yang 'urgent things' yang harus di siapkan

1. Gedung/ Tempat Nikah
Penting banget nih diawalkan because tanpa 'deal with' gedung a.k.a lokasi pernikahan akan bikin kamu bingung nentuin tanggal nikah. Ortu sih kasih 'challenges' kalo bisa nemuin gedung oke fix nikah Desember 😚 karena saya tinggal di daerah Sleman Timur nih (jauh dari kota jogja dan mengutamakan keluarga yang notabene pingin suasana desa) maka usaha dulu deh cari lokasi sekitaran rumah. Kenapa gak pake rumah?

  • a. Waktu mepet, Ortu dan saya kerja so gak ada waktu buat bebenah, nebangin pohon
  • b. Musti sewa tenda yang buanyak dan Desember is a rainy day (alhamdulillah saat itu panas)
  • c. Rumah ane masuk banget dari jalan gede

Jadilah gedung jadi 'wajib' banget menurut ortu. Beberapa opsi adalah :
a. Kelurahan Tirtomartani, nih rincian sewanya :

  • Sewa gedung  : 2.300.000
  • loostroom       : 300.000 (satu Genset, Kalo mau aman sewa atu lagi)
  • Linmas           : 200.000
  • Kursi              : 450.000 (dapet 50 kursi)
  • Total               : 3.250.000 
belum kebersihan sama kalo mau nambah kursi ya

b. Kelurahan Wedomartani 
  • 1,5 Juta udah ada hansip n kebersihan 
Info dari temen sih bilang kalo tempatnya kurang tertutup kayak pendopo aja

c. Kelurahan Selomartani
  • Sewa          : 600.000
  • 3 hansip     : 300.000
  • kebersihan : 100.000
  • Total          : 1 Jutah aja
d. Kelurahan Daerah Mlati (info tambahan dari temen) juga sekitar 3 juta. Mayanlah kalo pakai kelurahan

e. University Hotel (8-10 juta) tapi fasilitas oke banget
  • kursi VIP 100
  • Gratis 1 kamar pengantin 1 hr 1 malam
  • Ruang rias full AC full Kaca
  • Portable AC 3 buah yang gede-gede
  • Parkir luas dan ada satpam plus tukang parkirnya
  • tempat gak di ragukan, 
  • Kebersihan udah gak mikir

Saat itu bingung banget karena saya harus milih point a sedang liat waiting list di Baledesa OMG Desember itu full banget yang mau nikah. Bahkan pada PO setahun sebelumnya, omg di bale aja segitu antrinya. akhirnya kucoret deh.. Tambah bingung lagi sekarang gak boleh paka gedung pemerintah seperti PMD atau LPMP (syedih padahal enak beud). Oiya untuk Bale/ Kelurahan just sabtu ahad bolehnya (iyalah kan dipake kerja). Fyi, kalau pake hari sabtu kayak di kejar-kejar gitu karena sabtu sore udah siap-siap mau dipakai yang ahad paginya (dan harus cari tenaga kebersihan kalau belum tercover).
Diakhir kegalauan setelah 2 hari tak menemukan gedung (oke fix hampir mengiyakan tawaran opsi 2 ortu untuk nikah ba'da idul fitri. Tapi belum ikhlas mak, rasanya lebih cepat lebih baik. Males aja berbulan-bulan mikirin nikahan). Jiwa fightingnya keluar, mulai deh hubungin temen yang gak sembarang bisa kasih rekomendasi #akoh

f. Shelter Pengungsian (sewa sekitar  3 juta) tapi belum survei karena Desember 2017 full dia

g. Gedung Sawunggaling
Kaget, apaan kayaknya gak ngira kalau di desa aye ada nama ituh. ternyata emang baru (sampai di google map pun belum ada) dengan harap-harap cemas coba dulu deh survei tanya tanggal yang kosong. What a place, ini gedung badminton, masih baru banget, luasnya 3x lapangan badminton. luass banget, parkirnya lumayan juga. Coba tanya harga sewa ke apotik di depannya dan murce banget 1,5 Juta all in (keamanan ame kursi belum) tapi kebersihan dia tanggung. Tanya tanggal juga kosong banyak di sabtu ahadnya (suweneng langsung tanya bapak sorenya) alhamdulillah setelah ortu survei kita ACC gedung ini. Barulah kepikiran gak ada panggung gimana? OMG harus sewa dong gak apa yang penting dah dapet Gedung dulu kosong ditanggal itu
moga laris ye pak 
penampakan dalam, luas banget. terang dan net bisa dilepas


Fix gedung kepikiran, duh Penghulu ditanggal itu kosong gak yah, kalo kosong bisa jam berapa yah?  karena gak  pingin ribet semua acara di gedung aja deh. Mulai deh cus urus KUA



KUA. 
  1. Minta surat keterangan RT-RW-Dukuh-Kelurahan terus KUA deh. Mending urus sendiri lebih simpel dan cepet banget prosesnya. Sampai di Kelurahan dulu siapin surat keterangan (calonnya dibawa ye biar enak kalo ditanya), Foto 3x4, 2x3 yang banyak buat jaga-jaga background biru merah siapin aja. (googling syarat nikah).
    Setelah dapat surat itu lagsung ke KUA (sama calon ya jangan sendiri). Mulai nentuin tanggal, tempat. Sekalian bayar 600 ribu kalo diluar KUA. Tanyakan juga boleh ke bank mana karena kemarin KUA gak bilang apa2 taunya disalahin bolehnya cuman di kantor pos. alamak jan, kenape gak dijelasin padahal di bank lain juga bisa sesuai selebaran yang mereka kasih
Setelah dari KUA bakal dapat selembar kertas buat periksa di puskesmas setempat. Apa aja? Cek up semua hal mulai dari Lab (cek urin , cek darah, bb, tensi), konseling gizi, cek gigi, psikologi. Jangan lupa sarapan dan antri pagi buta karena bakal lama banget. Di Puskesmas ini biayanya sekitar 100 rb, bawa caten ya (Padahal si mas di cuman di cek dokter umum bb sama tensi, haha... gondok dia. oiya sama psikolog juga ditanyain siap nikah belum) 
Nantinya bakal dapat Selembar surat (perawan dan sehat or the other way πŸ˜™) Nah, surat ini dibawa lagi ke KUA (batasnya sebulan kalo gak salah)Tapi kitamah serba cepat. Oiya jangan lupa minta nomer penghulunya plus terus cek kepastian tanggal (saya sampai H-3 masih ngecek takut aja kalo sampai pegawai KUA lupa guweh dah daftar atau jadwalnya di salip orang). 
Nah udah lega banget neh, vendor lain mah bisa nyusul😩

Pakai paket WO atau ambil acak dari berbagai WO???

Ini yang bingung banget setelah dapat gedung dan KUA beres (tak semanis itu wara wirinya). Memilih WO tanya-tanya teman deket rumah duh pada gak pakai WO a.k.a. masak sendiri. Akhirnya bismillah doa, gugling dan tanya teman terus. ketemu beberapa WO yang cabutan (katering A, salon B /beda WO) malah ngerasa ini ribet banget suwer. Kepala penuh ama printilan, akhirnya kepikiran cari 1 WO aja deh buat Catering, dekor, ama rias. NAh tapi siapa nih yang berjodoh. Mulai dari mahal sampai yang mahal banget (haha,, padahal tabungan saya ama suami saat itu gak seberapa). cuman bertekad banget sih kalo bisa memulai rumah tangga jangan sampai nyusahin keluarga, nyusahin orang tua. Jadinya kita pakai yang harganya standar (menurut kami) tentunya oye juga.

Catering
Buanyak sekali catering di jogja dengan berbagai macam harga fantastis (eman sih buang duit). Nah, bismillah deh pakai azza catering (googling aja) emang standar dan gak mewah amat yang pentng jangan sampai kurang. Kan malu bo' nikahnya jadi omongan gegara makanan abis (rasa standar ga apa yang penting semua gembira, pulang makan bahkan bisa nambah). Ternyata azza ini fleksibel banget, dalam sehari bisa melayani 8 tempat, syukur deh. Bahkan saat tanggal nikahan kami mundur pun dia bisa melayani. alhamdulillah 
sebelum milih paket harus nentuin dulu nih berapa tamu undangan. saat itu saya pesan sekitar 700 porsi. Jadi 400 undangan dikali 2 dengan asumsi tiap orang datang dengan pasangannya. Gubuknya sih gak banyak bakso, siomay, sate 450an porsi. Segitu cukup? Lebih banyak malah. Karena tamu lebih suka gubuk jajanan otomatis abis duluan (tapi cukup) sedang nasi sisa sekitar 3 termos gede plus lauknya. Gak apa mending sisa daripada kurang. 
Ownernya sih bilang banyak banget kasus yang makanan abis duluan karena yang pesen mepet banget. Tamu 2000 pesennya 1000 yaelah... Kasian yang pulang dengan kelaparan bakal dikenang seumur hidup. Beberapa yang rangenya mahal banyak ya bisa cari aja katering di jogja tapi so far cukupanlah walaupun di catering ini habis banyak banget 50% budget. 


Rias
Nah karena ambil dari Azza, dia kerjasama dengan beberapa perias jadi kemarin sempat ambil yang deket rumah cuman gak sreg dengan bajunya (lebih kejawen dan lusuh) alhamdulillah dikenalin ama Rias Ragil di daerah Godean. Jadi pas rikues rias tu kita harus jelasin pingin model gimana, gaun, kejawen, modern atau tradisionalnya. Nanti dia kasih opsi tuh mana yang cocok. Kalau mau cari yang bagus banget di jogja banyak loh tentu printilannya juga harganya waw. Sempet survey ada yang nawarin 10 juta tuh baru ortu, besan ma manten 1 pasang aja. Kemahalan menurutku. Kalau kemarin dihitung abisnya saya sekitar 6 jt udah komplit ama among tamu dan pager ayu. Bisa 2x ganti juga dan dandannya lumayan menurutku.
among tamu

jaga buku tamu


Dekor
Nah, kalo ini pasrah aja. cuman karena gedungnya gak ada panggung kata teamnya sewa bisa sekitar 700-1 juta kayaknya. Gak terlalu peduliin dekor sih yang penting besok ada pelaminannya 😝

Tenda Draferi 35k/ meter. Tenda biasa 300-500 sesuai ukuran. Gak ah milih simpel but ketceh

Sound
Nyewa di temen habis 1.1jt. Ngelarisin usaha tetangga tetep jadi pertimbangan. udah include 2 blower, ama Genset sih walaupun sempet mati pas tilawah (untung bukan pas akadnya mak 😩)

Hiburan
1.5 walau agak kecewa sih karena yang diundang nasyid eh yang dinyanyiin lagu pop. Tapi untungnya pop gak alay banget. Saking capeknya yang keinget ditelinga guwe cuman lagu "Akad" Payung Teduh.


Betapa bahagianya hatiku saat

Ku duduk berdua denganmu
Berjalan bersamamu
Menarilah denganku
Namun bila hari ini adalah yang terakhir

Namun ku tetap bahagia
Selalu kusyukuri
Begitulah adanya
Namun bila kau ingin sendiri

Cepat cepatlah sampaikan kepadaku
Agar ku tak berharap
Dan buat kau bersedih
Bila nanti saatnya telah tiba

Kuingin kau menjadi istriku
Berjalan bersamamu dalam terik dan hujan
Berlarian kesana-kemari dan tertawa
Namun bila saat berpisah telah tiba
Izinkanku menjaga dirimu
Berdua menikmati pelukan di ujung waktu
Sudilah kau temani diriku

 Keyboard electone 2 penyanyi kalo paketan azza 1.5 juga. Oiya kalau mau pake nasyid terkenal bisa lo, rangenya sekitar  6 juta keatas, mereka profesional udah bawa mic sendiri. Cuman eman ah, hehe

Kursi 200 
Ini kepake banget di sesi 1 pas akadnya habis 400.000 oiya usahakan kursi lipat ya. Ada kejadian sih di daerah temen karena kursi plastik alhasil ada ibu-ibu overweight jatoh dan meninggal kursinya patah. So, pertimbangkan


MC
Tergantung kualifikasinya, ada yang full jawa, seneng ngelucu, bahkan sulap dll sesuai rikues. range sekitar 700. kalau pakai WO 1 juta. Cuman, bapak inginnya melibatkan tetangga aja biar rasa kekeluargaan makin erat. Ini yang kasih sambutan2, tilawah juga diamplopin ye. Ternyata si bapak MC pamit acara belon selesai. omegot sibapak... masak acara dia serahin ke nasyid. ga apalah yang penting dah akad. si Bapak ngurusi PILKADA saat itu..
Gamau disewain baju jebule belio pamit in middle of my party😩

Souvenir
Kirain udah beres ternyata ibu ngingetin lagi kalo souvenirnya belom. Alamak, musim ujan pula seliweranlah kita ke malioboro. Survey 1 cuman liat ame pepotoan trus tunjukin ke ortu. beragam banget mulai dari seribuan ampe atusan ribu eman lagi duitnya mak...
akhirya jatohlah pada indah souvenir kita ambil kipas yang ada namanya. abis sekitar 950 ribu. belom ama jajan bakso, haha












Undangan+ Foto+Video SHooting
Ambil ditemen mas total 3 juta (murce kan) iyasih kalo pingin yang kualitas syahrini bisa manggil yang top banget budget diatas 15 juta. Tapi emang keren, pake drone dan tekniknya oke punya. Tapi enggaklah, yang penting ada potokuh sama mamas pegang buku nikah udah cukup 😝


album potoh dipoto 

Keamanan
Karena posisi di jalan agak sempit maka temen tawarin keamanan. JIPATSONG namanya. Karena mereka relawan jadinya gak bisa nentuin berapa orangnya tapi alhamdulillah personil yang datang banyak. Tak lupa minta tolong mas yang polisi buat jaga-jaga. Banyak yang cerita nikahan di desa rawan banget ada maling dll. Mereka gak matok harga loh cuman minta disediain rokok, air mineral ama makan aja. Cuman yah tetep ngamplopin lah secukupnya buat makan bareng 

makasihhhhh
Tangan Kanan
my Team
Jujur kemairn tidak melibatkan keluarga besar untuk tanggung jawab ini itu jadi percayain ama beberapa orang teman ama adek. Kita bakal terus dipanggung maka harus ada yang jadi tangan kanan buat mengamankan acara. 
wajah lega


Estimasi Waktu :
  • 30 Nov- 3 Des 2017  cari Gedung yang deket rumah biar mudah bagi tamu desa
  • 4 Des  Daftar Kua lanjut survei WO (cari alamat, tny2) bandingin dengan lainnya
  • 5 Des Fixasi Gedung, Cek Rias, Catering
  • 6 Fixasi By phone and  deall alhamdulillah
  • 1 minggu setelah ada perubahan harus mundur karena bareng temen ibu, mastiin lagi masing-masing vendor alhamdulillah beres. totally 6 hari aja tanpa menunggu 6 bulan 😍
Kita tidak menyangka bisa menikah sesegera (bukan cepet banget) ini. Yang lebih disyukuri lagi tidak ada utang piutang atau habisin duit ortu. Bener-bener nguras kantong berdua, gak sampe 50 juta tapi hampir πŸ˜”. Namun yakin rezeki adalah jaminan Allah terlebih setelah menikah
Doakan yah semoga Sakinah Mawaddah Wa Rohmah. 

Barakallahu laka, wa baraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khayr.”
Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” (HR. Abu Dawud)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Lima Belas Menit Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review