19 Desember 2011

Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran

di 21.54
Reaksi: 


Hamalik (1986) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Levie & Lentz (1982) mengemukakan 4 fungsi media pembelajaran, khususnya media visual, yaitu (a) fungsi atensi: yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan pelajaran  (b) fungsi afektif: gambar/ lambing visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa misal, informasi yang menyangkut rasa tau sosial (c) fungsi kognitif, dan (d) fungsi kompensatoris: media pembelajarn berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan verbal.   
Selain itu, Media memiliki beberapa fungsi, diantaranya :
  1. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong, dan sebagainya. Media pembelajaran dapat mengatasi perbedaan tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke obyek langsung yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa ke peserta didik. Obyek dimaksud bisa dalam bentuk nyata, miniatur, model, maupun bentuk gambar – gambar yang dapat disajikan secara audio visual dan audial.
  2. Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para peserta didik tentang suatu obyek, yang disebabkan, karena :
(a) obyek terlalu besar;
(b) obyek terlalu kecil;
(c) obyek yang bergerak terlalu lambat;
(d) obyek yang bergerak terlalu cepat;
(e) obyek yang terlalu kompleks;
(f) obyek yang bunyinya terlalu halus;
(f) obyek mengandung berbahaya dan resiko tinggi. Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua obyek itu dapat disajikan kepada peserta didik.
  1. Media pembelajaran memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya.
  2. Media menghasilkan keseragaman pengamatan
  3. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
  4. Media membangkitkan keinginan dan minat baru.
  5. Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.
  6. Media memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Lima Belas Menit Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review