29 Juli 2014

Tren Menghafal Qur'an

di 15.12
Reaksi: 
Setelah adanya tanyangan Hafidz Cilik, Hafidz Indonesia di 2 stasiun TV kemarin selama romadhon, maka tahfidz mendadak jadi tren. Sekolah Tahfidz menjadi pilihan orang tua tak peduli berapapun biaya yang dikeluarkan. Tak ada masalah sebenarnya, malah justu saya pribadi bangga, lepas dari apa niat masing-masing orang itu konsekuensi yang ia terima sendiri.

Harapan saya semoga tren ini diikuti oleh stasiun yang lain, lembaga yang lain juga agar membaca dan menghafalkan al Qur'an bukan lagi hal tabu. Malu ya kalau sambil nunggu bis buka al Qur'an, atau dikelas nunggu dosen datang buka Qur'an tuh hal langka. Tapi kalau serentak kita anywhere n anytime dengan Qur'an pasti bukan hal aneh yang dipandangi tanpa kedip. Sekarang tren juga tuh, mengaji dengan gadget dari pada membuka Qur'an dengan berbagai alasan.. yah apapun sarananya yang penting ngaji sodara.

Remaja kita sekarang ini diberondong dengan berbagai fasilitas mulai dari gadget keren, mahal dan berkelas. Iklan TV tak lagi peduli usia. Anak dewasa sebelum waktunya bukan lagi hal aneh.

Bulan lalu saat TPA saya tersentak atas laporan seorang anak yang bilang kalau ditangan si mbak A ada tulisan Aliando loh us, waduh.. saya juga tau untungnya siapa tuh Aliando yang lagi digandrungi remaja. Padahal anak ini baru kelas 5 SD, sudah segitu ngefansnya sama artis yang nun jauh disana #OMGHello

Lebih tersentak lagi pas diajak tepuk Nabi xxx, banyak yang tidak bisa #jlebabrakadabra. Saya jadi sedikit 'baca' siapa guru mereka di rumah. ya Tivi.. kotak bergambar yang suka mengumbar

Jadi mari ramaikan bumi ini dengan menghafal, murnikan niat dan jalani saja. Susah-tempuh-susah-tempuh begitu terus. Ada teman yang cerita kenapa ya aku menghafal butuh 30x diulang kok si C cuma dipandangi sekali udah lancar. 
Inget, ada hadis Nabi SAW yang berbunyi : “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari  Al-Qurán dan mengajarkannya” (HR Bukhari). Bagi siapa yang belajar dan mengajarkan, keduanya berpahala.

Ibnu Masúd berkata bahwa Rasulullan SAW bersabda,”Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah, ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan sepuluh kali pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf” (HR Tirmidzi).

Hadits lain, Rasulullah bersabda, “Perumpamaan orang yang membaca Al-Qurán dan hafal maka ia bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedangkan perumpamaan orang yang senantiasa membaca Al-Qurán meskipun sulit dan terbata-bata maka baginya dua pahala” (HR Muttafaq álaih) . 

Nabi SAW, “Dikatakan kepada ahli Al-Qurán, “Bacalah, naiklah dan bacalah dengan tartil sebagaimana kamu membaca di dunia, karena kedudukanmu terletak pada akhir ayat yang kau baca” (HR Tirmidzi).

Semoga Allah SWT mudahkan kita dalam menghafal al Qur'an..amiin

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Lima Belas Menit Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review