29 Oktober 2013

Kunci Sukses dunia-akhirat

di 11.26

”Sesungguhnya Allah Swt meninggikan (derajat) ummat manusia ini dengan Al-Qur’an dan membinasakannya pula dengan Al-Qur’an” (H.R Muslim).
Inilah rahasia mengapa generasi awal umat Islam (generasi sahabat, tabi’in dan tabi’itabi’in) menjadi generasi terbaik umat ini sebagaimana dinyatakan oleh Rasul saw.

Pernah kan merasakan kok hidup tidak ada peningkatan, begini-begini saja tiap hari-bulan-tahun.  Sudah coba menulis jadwal rutin harian, target besar-besar namun kok jauh api dari panggang.
Buku diary berjilid-jilid berisi target besar, lengkap dengan tahun, bulan dan langkah yang akan ditemuh. Mengapa susah sekali merealisasikan?
atau punya mimpi besar, ingin jadi Insinyur, Dokter, Polisi, Dosen, dsb, tapi kita tidak tau kuncinya apa. kuncinya ini teman 
”Sesungguhnya Allah Swt meninggikan (derajat) ummat manusia ini dengan Al-Qur’an dan membinasakannya pula dengan Al-Qur’an” (H.R Muslim). 

Pagi hari bangun-solat-sarapan-kuliah (pulang sore), lalu malamnya kerja makalah (kalo lagi mood), FB-an sampai ngantuk, dan akhirnya tidur lagi.

Inikah hidup?
Jika umur manusia seperti Rasulullah SAW 63 tahun, tidur dalam sehari 8 jam x 30 hrx 12 blnx63 thn = 

Bayangkan berapa banyak waktu untuk tidur, lalu pernah-kah menghitung berapa waktu untuk ibadah.
Sholat 5 waktu sekitar 5 menit tambah sunnah mungkin dibulatkan menjadi 1 jam plus ngaji atau baca2 buku agama, terjemah, hadis/ tafsir.
1 jam x 30 hrx 12bln x 63 thn= hitung sendiri

Saya menulis ini karena benar-benar merasa "kosong", heran juga mengapa setelah menempuh s1 lalu melanjutkan s2 ini tetap ada yang kurang. Mungkin beda ketika hidup saya disini http://limabelasmenit.blogspot.com/2013/10/refleksi-7-tahun-di-asrama-kehidupan.html. Semua kuliah yang saya dapatkan rasanya "biasa" saja. Apa saya yang tidak bisa mengambil "hikmah" dari para dosen ini, atau saya yang tidak serius. 


ilmu yang "berkah" adalah yang manfaat dan ada kepuasan melahapnya. Hadis-hadis banyak yang  mengindikasikan keberkahan ilmu dengan kemantapan dan kepuasan luar biasa.

Analisis sederhana saya singkat, kurang ngaji.
Saya malu benar dengan Ustadzah Yoyoh Yusroh, pernah baca tulisannya bahwa disela-sela kesibukan beliau masih membaca 3 juz setiap harinya. Subhanallah, seorang anggota DPR yang sibuk luar-biasa, anak nya banyak namun bisa mencukupi kebutuhan mereka. 

Saya malu..malu..malu sekali, 
*Tulisan ini adalah tamparan buat saya pribadi 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Lima Belas Menit Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review