19 Februari 2014

belajar jadi penulis yuk

di 10.22
Reaksi: 
https://pbs.twimg.com/media/BgqJv15CQAAdmhG.jpg
Siapa sih yang boleh jadi penulis? Ternyata ada syaratnya loh
    - Mau membaca
    - Mau Menulis

    Yup, hanya dua syaratnya jadi penulis yaitu MAU menulis dan membaca. Kata kuncinya adalah MAU bukan Pandai atau BISA. Ketekunan menulis dan membaca adalah dua sejoli yang tak boleh dipisahkan.
    Untuk saat ini menulis adalah hal yang mutlak adanya, mengapa? ya karena semua hal kita perlukan keahlian menulis. Misalnya saja untuk update status di sosmed maka kita harus pintar2 memilih kata agar direspon dengan baik oleh pembaca. Untuk yang suka twiteran lebih cerdas lagi, dia harus memilih 140 kata terbaik untuk dipost-kan.
    Saat ini banyak sekali agensi yang menawarkan berbagai trik menulis singkat sekaligus paket penerbitan namun jarang sekali yang murah. Nah, buat para mahasiswa yang kantongnya belum stabil seperti saya ini agak berat. Agak. karena gak murah lo, kemarin saja saya ditawari untuk ikut sebuah klub pelatihan menulis minimal 1 jt untuk pemula, *sebenarnya saya tau kan syarat ilmu adl biaya tpi hehe..

    Saya meyakini bahwa setiap orang bisa menulis, buktinya update status saja kita bisa pasti untuk menulis juga bisa dong. Kalimat pertama pasti jadi momok setiap orang, makanya Pramodya mengatakan tips menulis tercanggih adalah MENULIS-MENULIS-MENULIS, it's so simple. Right?

    Banyak sekali media baik cetak maupun online yang menerima tulisan kita, asalakn terpenuhi dua syarat tadi ditambah bisa mengetik, dan punya email. Ya, kita diuntungkan dengan adanya tekhnologi internet tidak seperti zaman orang tua kita adanya baru lewat pos atau lebih parahnya lewat merpati dii zaman nenek moyang dulu. Email sangat mudah dan gratis sifatnya, kita hanya perlu mempunyai koneksi internet baik wifi modem atau apapun dan bisa dikerjakan dimanapun.

    Saat ini saya mengikuti beberapa grup kepenulisan (tidak banyak sih) sebut saja LAVIRA AZ ZAHRA, ANNISA, dan BACA TULIS. diketiga grup Facebook tersebut mereka sering membuat event-event menulis yang update serta membantu sekali bagi kita yang ingin memiliki buku. Misalnya saya ingin menulis buku sedangkan kemampuan saya masih tahap sangat minim, paling baru bisa menulis 2-3 halaman. Dengan bergabung bersama teman-teman lainnya tulisan kita bisa dibukukan (kompilasi) tanpa membayar, cukup hanya mengirim karya sebelum deadline. Simple ya, tapi ujian memberantas MALAS yang paling susah. Sudah ada 3 buku mini yang pernah saya ikuti walaupun belum pernah mencoba menulis utuh 1 buku ( 1 buku) tapi tak mengapa, ini adalah batu loncatan untuk menjadi  "The Real Writer" dengan modal kesungguhan.
    Untuk mahasiswa pun saat ini (dan dari dulu) banyak media massa online dan offline (media cetak) yang membuka kesempatan menulis dengan honor yang lumayan.
    Bersambung..........


    0 komentar:

    Posting Komentar

    Ada kesalahan di dalam gadget ini
     

    Lima Belas Menit Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review