13 Januari 2012

Beberapa bentuk sistem belajar mandiri

di 00.15
Reaksi: 

          a. Belajar bebas (Independent study)
          Kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa tanpa kewajiban mengikuti kegiatan belajar  di kelas formal. Siswa diberi kesempatan untuk berkonsultasi  secara berkala kepada seorang guru atau lebih untuk memperoleh pengarahan atau bantuan. Seringkali kegiatan ini digunakan siswa untuk menyelesaikan tugas perorangannya. 

           b. Pembelajaran suai diri (Individual instruction)
          Suatu tipe pembelajaran yang mempunyai 6 unsur dasar sebagai berikut: (1)
kerangka waktu yang luwes, (2) adanya tes diagnostik yang diikuti pembelajaran perbaikan, yaitu kegiatan pembelajaran yang dimaksudkan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dibuat siswanya atau kesempatan bagi siswa untuk memilih bahan ajar yang sesuai, (4) penilaian kemajuan belajar siswa dengan menggunakan bentuk-bentuk penilaian yang dapat dipilih dan penyediaan waktu pengerjaan yang luwes, (5) pemilihan lokasi belajar yang bebas, (6) bentuk-bentuk kegiatan belajar yang dapat dipilih.

c. Pembelajaran perorangan suai lajur (individually paced instruction).
       Teknik pembelajaran dengan cara mengelola kegiatan belajar sedemikian sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan pelajuan belajar masing-masing.


         d. Pembelajaran perorangan tertuntun (individually prescribed instruction)
         Sistem pembelajaran yang didasarkan pada prinsip-prinsip pembelajaran terprogram. Dalam sistem ini setiap siswa mengarahkan program belajar masing-masing berdasarkan rencana kegiatan yang telah disiapkan oleh guru atau oleh guru bersama siswa berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan dirumuskan secara operasional. Rencana kegiatan belajar ini berkaitan dengan materi pelajaran yang harus dipelajari atau kegiatan yang harus dilakukan siswa. Kemajuan siswa dicatat melalui observasi dan tes.


Daftar pustaka:
Yusuf Hadi Miarso dkk. 1986. Tekhnologi komunikasi pendidikan.. Jakarta: Rajawali

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Lima Belas Menit Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review