4 Januari 2012

Bentuk-Bentuk Program Audio

di 15.35
Reaksi: 
  • Program wicara
Program ini paling tua dan sederhana. Berbeda dengan kuliah atau pidato, pendengar tidak harus diam mendengarkan atau melihat gerak gerik pembicaranya. Intinya adalah pada kata-kata yang akrab, dengan bahasa yang digunakan sehari-hari. Program ini berisi suatu pembicaraan yang bersahabat tentang suatu topic tertentu, dan kepribadian pembicara sangat menentukan. Pribadi yang membosankan, jarang menarik minat pendengar untuk mengikuti, walaupun topic pembicaraan yang sebenarnya penting.
  • Wawancara.
Salah satu variasi program wicara adalah wawancara. Pada hakekatnya wawancara adalah suatu pembicaraan yang berpangkal dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh seorang pewawancara atau lebih kepada seseorang atau lebih untuk memperoleh informasi.
    Ada 2 jenis wawancara, yaitu:
 Wawancara informasi, yang mengemukakan fakta-fakta informasi yang berlangsung dalam waktu yang wajar.
Wawancara pribadi, dimaksudkan untuk mengenal pribadi seseorang yang penting, menarik, berprestasi dan sebagainya; untuk dikemukakan ide-idenya, kehidupannya sehari-hari, pengalamannya, prestasinya, karakter atau potret dari seorang yang ditokohkan.
  • Diskusi
Program ini merupakan program yang memungkinkan pertukaran ide yang mungkin penting dan berhubungan dengan pendengar secara individual maupun kelompok.  Diskusi dapat berjalan serius dapat juga ringan, tetapi semua bertujuan agar para pendengar berpikir.
  • Bulletin
Bulletin berita merupakan suatu berita kilat yang biasanya disiarkan sesudah Koran sore telah sampai pasaran. Tetapi sekarang banyak sekali berita penting dan rangkaian berita disampaikan berjam-jam oleh stasiun radio.
  • Warta berita.
Warta berita merupakan suatu bentuk siaran berita yang berisi sejumah kesaksian mata, ringkasanpidato, laporan kejadian, komentar, pembicaraan pendek dan wawancara yang sedikit banyak sama dengan Koran, termasuk gambar-gambar dan artikel. Program ini mahal karena memerlukan staf yang besar, komunikasi dengan stasiun luar negeri, dan fasilitas teknis yang lain kalau akan dibuat secara professional.
    Sebuah pidato oleh seorang tokoh yang dilaporkan dalam berita, dapat dimasukkan dalam suatu ringkasan 20-30 detik ilustrasi pribadi sang tokoh. Berita reportasi olahraga misalnya pertandingan sepak bola, dapat diakhiri teriakan penonton dengan komentator pada saat gol dicetak.
  • Program dokumenter
Berisi berita mengenai peristiwa yang sesungguhnya terjadi. Lama program sekitar 15-60 menit dan panjang skenarionya tergantung ukuran subjek dan cara pengungkapan.
Program feature dan majalah udara.
Kedua program tersebut memiliki banyak kesamaan. Perbedaan yang pokok ialah bahwa program majalah udara mempunyai dua tema atau lebih dalam satu acara.  Program feature biasanya terbatas pada satu tema dalam satu waktu/ acara yang digunakan untuk membahas tema tersebut.
  • Drama Audio
Drama audio merupakan sandiwara yang mengandung masalah atau konflik kejiwaan. Drama audio bersifat ganda, selain terikat pada kaidah drama, juga harus sesuai untuk media audio (radio). Penulis drama audio adalah seorang komunikator, penyalur nilai-nilai, ide-ide atau gagasan-gagasan,
Penulis drama audio adalah seorang kominikator, penyalur ide-ide,  atau gagasan-gagasan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Lima Belas Menit Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review