31 Agustus 2014

Kisah Ta’arufku Dengan Syammil Qur’an

di 21.24
Reaksi: 


Hari ke-7 [31 Agustus 2014]

Pengalaman pribadi kenal syamil Qur’an ialah pada tahun 2012 saat itu memprivat anak yang ingin belajar mengaji. Konsep yang ingin ditanamkan lebih ke tahfidz sehingga anak diharapkan bukan hanya mengaji, tapi paham arti perkata juga makna ayatnya serta asbabun nuzul. Saya mengajar dia sejak 2009 dan ditahun itu belum ada (atau saya yang gak tau) dimana mencari al Qur’an terjemah perkata. Jadi kerjaan saya dengan si anak adalah membuat catatan mengenai arti dari kata yang ia hafal lalu mengulang-ulang hingga perkata ia paham artinya.
Salah satu cara efektif menghafal Qur’an ialah tau arti dari apa yang dia baca. Terbukti, ketika si anak lupa maka ucapkan saja arti dari lanjutan ayat yang ia lupa. Ingatkan pada kisah ayat itu. Cara ini lumayan efektif mengendapkan hafalan sehingga untuk beberapa tahun daya ingatnya lebih mudah dipanggil (recall) alias ketika lupa dengan cepat dia ingat lanjutan ayatnya.
Nah, Orang tua si anak yang semangat sekali bercerita tentang Al Qur’an itu.
“Mbak ning, tas si Bagas hampir jebol. Qur’annya tiap hari dibawa ke sekolah lo mbak. Dulu-dulu ngaji biasa, sejak Qur’annya ganti yang tebel itu dia malah suka. Ngaji dirumah po sekolah harus bawa Qur’an itu, saya sampai kasian. Tapi anaknya gak mau dilarang”kata ayahnya.
Setiap ngaji dirumahnya memang saya heran juga, kenapa ya dia suka padahal tebel, berat gitu. Yah mungkin ada kharisma yang tersembunyi. Di tahun ini pun saya mendapat anak les yang baru, pun demikian antusiasnya dengan Qur’an ini. Bahkan orang tuanya berkomentar:
“Waduh mbak, kalo Qur’annya lupa dimana gitue udah nangis-nangis ngamuk lagi. Gak mau pake Al Qur’an yang lain”. “saya pun tanya padanya,”Apa to dek bagusnya Al Qur’an ini?”
“Apik no mbak, ada artinya dibawah. Jadi kalo belajar terjemah sama mbak ning gak usah nulis. Hehe.. pas lupa yo tinggal liat aja. Trus ada ceritanya juga mbak dibelakang, wah keren pokoe” dengan semangat berapi-api. Setiap ngaji kakak, ayah dan ibunya pun hafal slogannya “ Endi Al-Qur’an ku sik apik dewe?” (mana Al Qu’ranku yang paling bagus?). ini nih al Qur'annya dan review yang di dapat dari sini


Bagi yang lain mungkin kesannya peres gitu ya tulisan ini, yah emang saya gak punya bukti mau bilang ‘ini fakta lo, aku ra ngapusi (saya gak bohong)’. Hanya keheranan itu aja gak lupa sampai hari ini.  Setelah saya sendiri, tanggal 10 desember 2013 yang mendapatkan Qur’an syamil cantik dari MQ FM dalam acara magrib mengaji. Event itu diadakan seminggu atau 2 minggu ya saya lupa, setiap episodenya ustad pengampu akan memilih 1 orang yang berhak mendapat al Qur’an Syamil. Alhamdulillah 2x telpon dapat juga Qur’annya.
Saat bertandang ke MQ kaget juga, “hah pinky banget, gak bisa request warna apa ya? (dalam hati)”. Karena yang terbayang Qur’an itu ingin saya berikan pada adik laki-laki..tapi kok pink. Kala itu memang nggak ngeh banget kalo dibalik warna ada rasa, loh.. ya ternyata Qur’an itu untuk perempuan... keren...
Begitu sampai rumah dan pamer pada semua orang rumah barulah dalam keheningan saya buka pelan-pelan. MasyaAllah...takjub, baru paham ternyata isinya benar-benar wanita. Mulai dari kajian tafsir yang membahas para shohabiyah hingga tata letak dan designya yang menawan. Ah jadi kangen terus sama Qur’an ini. (review juga dari syamil.com).
 
Penerbit Syamil mempersembahkan Quran khusus untuk wanita. Quran ini berisikan pandangan Al Quran tentang wanita dan mengagumi keagungan Nya.
Ayat-ayat tentang wanita dan keluarga diberi ciri warna pink pada tiap halamannya dan diberi indeks khusus.
Dilengkapi pula kisah Sahabiyah, kisah wanita-wanita yang diabadikan Al-Qur'an, serta suplemen doa Robithoh. Cocok untuk Anda, muslimah sholehah.
panjang Al-Qur'an = 15cm
Lebar Al-Qur'an = 10cm
Model: QK-SYM-WM-01 Berat: 0.35kg

          Semoga semua sarana ini menjadi amal jariyah bagi Syamil dan bagi orang yang ikut berfikir keras menciptakan inovasi agar Al-Qur'an semakin digemari masyarakat dari berbagai usia dan kalangan.

1 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Lima Belas Menit Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review